Skip to main content

Cara Memperbaiki Error 404 Blogger

Memperbaiki kesalahan 404 laman tidak ditemukan pada blog hosting blogger dengan top level domain ataupun blogspot adalah hal yang mudah. Untuk mengatasi error 404 ini cukup menggunakan fungsi redirect bawaan blogger. Ada dua fungsi redirect, yaitu pengalihan kesalahan 404 yang secara universal akan mengalihkan postingan atau laman yang hilang ke destinasi url link tertentu yang sedang dibahas pada artikel ini dan pengalihan khusus yang hanya mengalihkan secara individu alamat laman dan postingan tertentu.

Redirect error 404 blogger adalah mengalihkan semua broken link entah dari postingan atau laman statis ke alamat url tertentu, biasanya beranda blog. Berbeda dengan pengalihan custom redirect blogger yang secara individual mengalihkan alamat laman dan postingan lama ke alamat yang baru bisa permanen 301 ataupun yang sementara 302.

Muncul kesalahan 404 laman tidak ditemukan?

Error 404 biasa terjadi dikarenakan bot google tidak dapat menemukan alamat posting atau laman link tertentu yang sudah terdaftar pada peta situs google webmaster blog kamu. Tidak ditemukannya laman tersebut terjadi karena pemilik situs telah menghapus laman terkait. Sehingga google bot memberikan pesan error 404 untuk memberikan info kepada webmaster pada blog terkait.

Pada dasarnya error 404 ini tidak mempengaruhi blog terkait pada mesin pencari google. Namun bagi pengunjung, maka mereka akan melihat pesan tersebut dan dapat langsung pergi dari blog kita. Sehingga untuk menyamankan pengunjung dan menjaga mereka untuk tetap di halaman blog kita, diperlukan pengalihan laman yang hilang ke laman lainnya.

Cara Memperbaiki Error 404 Blogger
Sumber gambar : https://ja-wall.demo.joomlart.com/en/pages/404-page

Cara mengetahui laman yang hilang?

Tentu saja kembali ke google webmaster tools pada tiap pemilik blog. Pada dashboard Alat Webmaster Google pilih blog Anda --> Perayapan --> Kesalahan Perayapan. Disana Anda akan melihat laman apa saja yang error yang dilaporkan oleh bot google.
Selengkapnya dapat lihat >> Memperbaiki kesalahan perayapan pada alat webmaster google.

Cara Menggunakan redirect 404 blogger

Cara 1. Redirect 404 menggunakan tulisan

Langkah 1. Copy kode dibawah berikut:
Maaf Laman yang Anda cari tidak ada.
Anda akan dialihkan ke homepage
.
<script type = "text/javascript">
BSPNF_redirect = setTimeout(function() {
location.href= "https://dewainside.blogspot.com/"
}, 3000);
</script>
Keterangan:
Tulisan yang berwarna merah tentu dapat kamu ganti dengan tulisan sesuai dengan keinginan kamu.
3000 = waktu delay 3 detik
https://dewainside.blogspot.com/ = URL blog Anda

Langkah 2. Pada dashboard blogger pilih Setelan >> Preferensi penelusuran >> Kesalahan dan pengalihan >> Edit kotak kosong "Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan" dengan Paste kode yang sudah dicopy diatas dan Simpan perubahan.

Cara Memperbaiki Error 404 Blogger

Cara 2. Redirect 404 menggunakan variasi gambar

Langkah 1. Kamu dapat dengan mudah menggunakan fitur Postingan >> Entri baru dan gunakan kotak edit Compose untuk upload gambar kreatif error 404 buatan kamu atau dari pencarian google.

Cara memperbaiki error 404 blogger

Lalu pada tab HTML beri alamat link yang mau kamu tuju untuk mengalihkan error 404 laman tidak ditemukan, contoh alamat beranda blog. Copy semua kode htmlnya dan tidak perlu dipublikasi cukup di simpan sebagai draft.

Cara memperbaiki error 404 blogger

Langkah 2. Sama seperti menggunakan tulisan saja pada cara 1. Buka Setelan >> Preferensi penelusuran >> Kesalahan dan pengalihan >> Edit kotak kosong "Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan" Lalu kamu Paste kode html gambar error 404 yang sudah diedit tadi dan Simpan perubahan.

Cara memperbaiki error 404 blogger

Note:
Selain itu kamu dapat menyetel otomatis pengalihan pada Edit HTML blogger didalam tag <head> dengan kode html pengkondisian berikut apabila ingin mengalihkan otomatis.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
<title>404 ~ Page Not Found! | <data:blog.title/></title>
<meta content='3;/' http-equiv='refresh'/>
</b:if>
Sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi para blogger semua.

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar